Langsung ke konten utama

ARSITEKTUR MIKROPROSESOR KD 3.7


materi 3.7 
  
1.       Arsitektur mikroprosesor 
  
Yang akan dibahas sekarang ialah mengenai Struktur dan arsitektur mikroprosesor. Yang pertama struktur pembangun mikroprosesor. Satu buah mikroprosesor terdiri lengkap atas 3 komponen, yaitu : 
  
ALU 
Ialah system yang bekerja melakukan operasi perhitungan atau aritmatika kemudian operasi logika. 
  
Register Unit 
Register ialah sebuah memori sebagai lokasi penyimpanan data sekaligus lokasi untuk menyimpan hasil operasi. 
  
Control Unit 
Kerja CU ialah mengatur aliran data bus dan alamat bus, yang selanjutnya juga mengatur sinyal yang berlokasi pada bus pengatur. 
  
Yang bagian inti selanjutnya ialah tentang arsitektur sebuah Mikroprosesor. Mengenai arsitektur sudah dapat disimpulkan bahwasanya pembahasan yang kali ini adalah mengenai design yang berhubungan dengan mikroprosesor. Rancangan atau design disini akan berkaitan dengan perangkat lunak dan keras bagian dalam sebuah mikroprosesor. Yang dimaksud dari pengertiannya tersebut adalah rancangan dari perangkat lunak beserta perangkat keras yang kemudian menggabungkan fungsinya masing-masing untuk memiliki fungsi baru yang lebih diketahui dengan mikroprosesor. 
  
Arsitektur mikroprosesor ada dua buah. Yang pertama ialah internal software design dan internal hardware design. 
  
1. Internal Software Design 
  
Ditelaah dari perangkat lunaknya, terdapat 3 model arsitektur pada rancangan perangkat lunak mikroprosesor ini. 
  
a. CISC (Set instruksi computer komplex) 
  
CISC ialah bentuk rancangan mikroprosesor yang memanfaatkan tidak hanya satu jenis dan bentuk instruksi. CISC memiliki keahlian untuk melakukan operasi level lemah seperti memproses data dari memori, operasi perhitungan dan eksekusi yang cepat. Kelemahan dari rancangan terdapat pada pengembangan interpreter maupun kompilernya yang sulit dilakukan. 
  
b. RISC (Reduce Instruction Set Computer) 
  
Ialah rancangan dengan sepaket instruksi yang lebih berfokus pada kemudahan dalam memahami instruksi namun hasil yang diperoleh memiliki nilai fungsi yang tinggi. Prinsip RISC adalah sedikit instruksi tetapi banyak register yang dipakai. 
  
RISC memiliki ciri-ciri umum yaitu : 
  
Memiliki sifat tunggal pada ins 
Memiliki ukuran instruksi 4 byte pada umumnya. 
Mode pengalamatan tidak lebih dari 5. 
Operasi load tidak digabungkan dengan operasi artimatika. 
Setiap memori terdapat suatu instruksi dengan operand lebih dari satu. 
Tidak bisa memakai asal peralatan. 
Satu alamat data satu ins 
Untuk dapat diminta secara eksplisit diperlukan sedikitnya 32 register integer. 
Supaya dapat dilancarkan secara eksplisit diperlukan paling kurang 16 register floating point. 
Mikroprosesor Superskala 
Ialah rancangan degan skala yang super yang menggunakan instruksi biasa seperti pada CISC dan RISC namun bisa diinisialkan secara simultan dan dapat dieksekusi secara independen. 
  
2. Internal Hardware design 
  
Rancangan ini berhubungan dengan masalah jenis, banyak, dan kapasitas register juga komponen lainnya. 
  
Sama seperti pada desain perangkat lunaknya, pada perangkat kerasnya juga terdapat 3 macam desain mikroprosesor, yaitu : 
  
a. Arsitektur I/O terisolasi 
  
Arsitektur ini menggunakan rancangan pemberian alamat pemetaan I/O secara terpisah dengan pemberian alamat dan pemetaan memorinya. 
  
b. Arsitektur I/O diprogram di dalam memori 
  
Karena menggunakan arsitektur I/O yang diprogram di dalam memori dapat menggabungkan inti sel I/O dalam member alamat dengan isi dalam memori. 
  
c. Arsitektur Harvard 
  
Sistemnya mendekati mirip dengan I/O terisolasi, bedanya ialah pada Harvard diantara memori programnya dan datanya dilebur atau dipisah. Pemisahan ini menggunakan perintah jalan masuk memori yang berbeda. Dilihat dari sistemnya penggunaan arsitektur Harvard lebih menguntungkan. 
  
Itulah struktur dan arsitektur untuk lebih mengenal apa itu mikroprosesor. 

BLOK DIAGRAM SISTEM MIKROPROSESOR 
BLOK DIAGRAM SISTEM MIKROPROSESOR 

 
-          Microprocessor Unit (MPU) 

 
·           MPU tersusun dari tiga bagian pokok yaitu : 

 
1.      Control Unit (CU) 
2.      Arithmetic Logic Unit (ALU) 
3.      Register Unit (RU) 
·           Sebagai CPU, MPU bekerja dan melakukan fungsi dasar  yaitu fungsilogika dan aritmetika. 
·         MPU juga melakukan fungsi pengalihan data dengan menggunakan perintah MOV, atau LOAD, EXCHANGE, PUSH, dan POP. 
·         Penyimpan program dan data memerlukan MEMORI terutama memori program dalam ROM. 

 
-          Sistim Bus 
·           Mikroprosesor berkomunikasi dengan unit memori, unit I/O menggunakan saluran yang disebut dengan BUS. 
·         Setiap mikroprosesor dilengkapi dengan tiga bus sebagai berikut: 

 

-          Bus Data 
·           Data bus terdiri dari 8, 16, 32, 64 atau lebih saluran paralel. 


 

·           CPU membaca/menulis data ® lokasi memori,Port. (melalui saluran Bus Data) 
·         Setiap piranti yang terhubung ke data bus harus menggunakan tri state buffer sehingga dapat berkeadaan floating/berimpedansi tinggi jika tidak sedang digunakan. 
·         Mikroprosesor standar memiliki saluran bus data 8 bit dua arah artinya alih data atau informasi berlangsung pada 8 saluran paralel dari MPU ke unit lain diluar MPU atau dari unit lain di luar ke MPU. 
-          Address Bus 
·           Untuk menetapkan kemana data itu dikirim atau dari mana data itu diambil digunakan bus alamat. 
·         Bus alamat bertugas menetapkan dan memilih satu lokasi memori atau satu lokasi I/O yang hendak diakses. 
·         Bus alamat terdiri dari 16, 20, 24, atau lebih saluran sinyal paralel. 
·         Pada saluran CPU mengirim alamat lokasi memori yang akan ditulisi atau lokasi memori yang akan dibaca. 

 
-          Control Bus 
·           CPU mengirim keluar atau menerima sinyal kendali melalui saluran bus kendali. 
·         Bentuk-bentuk bus kendali adalah: Pembacaan memori, Penulisan ke memori, Pembacaan Port I/O, Penulisan Port I/O, Reset, Interrupt, Memori Request,I/O Request, dan sebagainya tergantung jenis CPU-nya. 
·         Bus Kendali adalah seperangkat bit pengendali yang berfungsi mengatur: 
1.      Penyerempakan memori, 
2.      Penyerempakan I/O, 
3.      Penjadwalan MPU, Interupsi, DMA, 
4.      Pembentuk clock, dan reset. 

 
-          Memori 
·           Bagian memori merupakan gabungan dari memori elektronik RWM danROM. 
·         Disamping juga magnetik floppy disk, magnetik hard disk, atau laser optical disk/CD/DVD/BlueRay, dll. 
·         Pemakaian memori memiliki dua tujuan : 
1.      Menyimpan kode biner untuk urutan instruksi yang disebut dengan program, 
2.      Menyimpan kode biner data selama komputer bekerja. 

 
-          Input/Output (I/O) 
·         Merupakan bagian yang memungkinkan komputer untuk mengambil data dari luar atau mengirim data ke luar. 
·         Peripheral semacam keyboard, terminal: video/monitor, printer dan modem dihubungkan ke bagian I/O. 
·         Piranti yang digunakan untuk interface bus komputer ke peralatan luar disebutPort. 

 
-          Central Processing Unit (CPU) 
·           CPU bekerja mengendalikan operasi komputer. 
·         CPU mengambil kode biner instruksi dari memori, kemudian mendekode instruksi tersebut dalam urutan aksi yang sangat sederhana. 
·         Sebuah CPU terdiri dari Aritmetic Logic Unit (ALU) yang dapat membangun fungsi penjumlahan (Add), Pengurangan (Subtract), Logika OR, AND, Invert, atau XOR. 
·         CPU juga memiliki register-register. Salah satu register dari CPU berfungsisebagai pencacah alamat (Program Counter= PCI yang digunakan untukmemegang alamat sebuah instruksi atau data berikutnya yang akan diambildari memori, register umum, atau alamat I/O. 
·         CPU juga memiliki bagian penting yang disebut dengan Control Unit yangbekerja membangkitkan sinyal kendali. 
3. 
1.       RAM 
   RAM adalah berasal dari singkatan Random Access  Memory, RAM yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random). 
2. ROM 
 Read-Only Memory (ROM) merupakan chip yang ada pada komponen komputer atau perangkat elektronik lainnya yang beguna untuk menyimpan informasi firmwareInformasi firmware ini berisi tentang kode-kode program yang diperlukan komputer untuk bisa dijalankan, sehingga ROM ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk keperluan booting. 

3 i/o 
·         Merupakan bagian yang memungkinkan komputer untuk mengambil data dari luar atau mengirim data ke luar. 
·         Peripheral semacam keyboard, terminal: video/monitor, printer dan modem dihubungkan ke bagian I/O. 
·         Piranti yang digunakan untuk interface bus komputer ke peralatan luar disebutPort. 
4. Adress Decorder 
Decorder adalah alat yang digunakan untuk dapat mengembalikan proses encoding sehingga kita dapat melihat atau menerima informasi aslinya. Pengertian Decoder juga dapat di artikan sebagai rangkaian logika yang ditugaskan untuk menerima input-input biner dan mengaktifkan salah satu outputnya sesuai dengan urutan biner tersebut. 

4. 
      Sistim Bus 
·           Mikroprosesor berkomunikasi dengan unit memori, unit I/O menggunakan saluran yang disebut dengan BUS. 
·         Setiap mikroprosesor dilengkapi dengan tiga bus sebagai berikut: 

 

-          Bus Data 
·           Data bus terdiri dari 8, 16, 32, 64 atau lebih saluran paralel. 


 


·           CPU membaca/menulis data ® lokasi memori,Port. (melalui saluran Bus Data) 
·         Setiap piranti yang terhubung ke data bus harus menggunakan tri state buffer sehingga dapat berkeadaan floating/berimpedansi tinggi jika tidak sedang digunakan. 
·         Mikroprosesor standar memiliki saluran bus data 8 bit dua arah artinya alih data atau informasi berlangsung pada 8 saluran paralel dari MPU ke unit lain diluar MPU atau dari unit lain di luar ke MPU. 
-          Address Bus 
·           Untuk menetapkan kemana data itu dikirim atau dari mana data itu diambil digunakan bus alamat. 
·         Bus alamat bertugas menetapkan dan memilih satu lokasi memori atau satu lokasi I/O yang hendak diakses. 
·         Bus alamat terdiri dari 16, 20, 24, atau lebih saluran sinyal paralel. 
·         Pada saluran CPU mengirim alamat lokasi memori yang akan ditulisi atau lokasi memori yang akan dibaca. 

 
-          Control Bus 
·           CPU mengirim keluar atau menerima sinyal kendali melalui saluran bus kendali. 
·         Bentuk-bentuk bus kendali adalah: Pembacaan memori, Penulisan ke memori, Pembacaan Port I/O, Penulisan Port I/O, Reset, Interrupt, Memori Request,I/O Request, dan sebagainya tergantung jenis CPU-nya. 
·         Bus Kendali adalah seperangkat bit pengendali yang berfungsi mengatur: 
1.      Penyerempakan memori, 
2.      Penyerempakan I/O, 
3.      Penjadwalan MPU, Interupsi, DMA, 
4.      Pembentuk clock, dan reset. 

5.  





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Rakitan PC Gaming 2021 Budget 5 Jutaan (Terbaru)

 Rekomendasi Rakitan PC Gaming 2021 Budget 5 Jutaan (Terbaru) Anda Kepingin Punya PC Gaming Impian? ,tapi kehalang biaya karena part PC melunjak naik disaat pandemi? , Tenang saya ada rekomendasi rakit pc dengan budget 5 jutaan tetapi dengan spek yang cukup mumpuni untuk bermain game impian. 1. CPU       Yang petama dari CPU saya menggunakan Ryzen 3 3200g, Kenapa saya menggunakan ini? , Ya karena ini adalah solusi dari VGA yang sekarng mahalnya minta ampun, dengan Ryzen 3 3200g kita bisa menggunakan vga onboard dari processor tersebut. 2. Motherboard     Nah sekarang untuk Motherboard saya menggunakan MSI A320-A PRO MAX, kenapa saya menggunakan motherboard ini , jawabanya karena build dari msi tersebut bagus dan sudah ada fitur settingan overclock RAM pada motherboard tersebut. 3.  Memory/RAM Untuk RAM saya mengunakan Patriot signature line premium DDR4 dengan kecepatan 2666 mhz dan wajib dual channel ,Kenapa wajib dual channel? ,dikarenakan kalau kita...